Announcement

Collapse
No announcement yet.

All About Mobil Suzuki Tua Bangka

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • All About Mobil Suzuki Tua Bangka

    Para pengguna mobil suzuki tua, dari ST-10 Pick Up, Fronte, Forsa series, Jimny series, Katana series, Vitara, Escudo, Sidekick, Carry, Karimun Kotak, Baleno, Aerio, Baleno Next G bisa posting dimarih.
    Last edited by crimsonwolf; 12-10-2018, 04:30 PM.
    PRIDES #690 SEMAWIS
    alifjourney.wordpress.com
    Pulsar 220F
    Suzuki Aerio DX

    JZ.11.FDZ, Call Freq 143.320 MHz
    "Junking is not A Crime"

  • #2
    SEJARAH TRAGIS BERDIRINYA SUZUKI

    Suzuki adalah pabrikan kedua Jepang dalam anggota 'Big Four' (Suzuki, Honda, Yamaha, dan Kawasaki). Siapa yang bakal menyangka bahwa ternyata Suzuki dulunya adalah pabrik tenun.
    Sang pendiri, Michio Suzuki adalah seorang anak dari petani kapas tradisional Jepang. Pria yang lahir pada 10 Februari 1887 ini memiliki keahlian dalam inovasi sejak kecil. Di usia 22 tahun Suzuki menciptakan alat tenun kayu yang dioperasikan dengan pedal. Produknya laris manis di kalangan penenun. Kemudian dia mendirikan pabrik bernama Suzuki Loom Wooks di daerah Tenjin, Hamamatsu. Berkembang dengan pesat, dia lalu membangun Suzuki Loom Manufacturing Company,Inc pada 15 Maret 1920. Dua tahun berjalan perusahaan tersebut dinobatkan sebagai perusahaan perkakas tenun terbesar di Jepang.
    Berawal dari hal tersebut, niatnya untuk mengembangkan usaha muncul. Suzuki ingin membuat sebuah mobil. Nah, dari sinilah cerita jatuh bangun Suzuki mendirikan perusahaan otomotif kelas dunia. Penasaran bagaimana cerita tragisnya? Simak ulasannya berikut ini!


    Bikin Mobil Tiruan Austin Seven















    Pada tahun 1930-an, Jepang pernah dengan China sehingga perekonomian Negeri Matahari Terbit kacau balau. Permintaan mesin tenun turun drastis. Mereka berhenti berinovasi. Hingga akhirnya mereka tertarik untuk berkecimpung di dunia otomotif berbekal pengalaman mesin tenun yang dianggap memiliki sistem yang nyaris sama.
    Suzuki mendatangkan mobil Austin Martin pabrikan Inggris. Dia dan para pekerjanya mempreteli mobil tersebut untuk dipelajari sistem mesin dan desainnya. Beberapa bulan kemudian, mereka berhasil membuat duplikat mobil dengan 737cc tersebut. Kala itu banyak orang yang mencibir karena yang dilakukan Suzuki adalah menjiplak mobil Eropa.

    Produk Pertamanya Gagal di Pasaran
    Sayang seribu sayang, pemasaran Suzuki untuk mobil duplikat Austin Seven salah besar. Mereka memasarkan mobil pertama bertepatan dengan Jepang yang siap untuk perang. Alhasil, proyek mobil mereka tak pernah diproduksi secara massal.
    Ini memang bukan produk original, namun setidaknya Suzuki memiliki usaha untuk membuka peluang. Meski hanya duplikat, setidaknya Austin Seven versi Suzuki tidak akan pernah dilupakan oleh sejarah dunia roda empat Jepang. Pasalnya, Suzuki mampu membangun sebuah mobil dengan kekuatan daya 13hp pada putaran 3500rpm, dan timing pengapiannya dinilai sebagai yang terbaik di zaman itu.

    Banting Setir ke Pabrik Pembuat Senjata














    Usai kegagalan pada mobil duplikat Austin Seven, Suzuki tak tinggal diam. Meski masih berambisi untuk membuat pabrik otomotif, keadaan sangat tidak mendukung itu. Jepang masih terlibat perang. Akhirnya, Suzuki mengikuti arus dan banting setir untuk membangun pabrik yang memproduksi alat perang untuk tentara dan angkatan laut.
    Saat tahun 1939-1940, Suzuki hanya menyisakan 15 persen produksi mesin tenun, 10 persen produksi mesin pembuat kain sarung, dan selebihnya menekuni peralatan perang. Dari sini, perusahaan Suzuki berkembang pesat.

    Modal untuk Kembali ke Dunia Otomotif
    Modal besar usai membangun pabrik alat perang, Suzuki kembali merambah dunia otomotif. Namun kali ini bukan mobil konvensional, melainkan memproduksi kruk-As, piston, blok mesin, untuk kendaraan perang tentara Jepang yang bermesin 6 silinder. Akhirnya pada tahun 1941 lahir Tokyo Automobile Industries Company (sekarang dikenal dengan nama Isuzu Motor Company) yang menunjuk Suzuki sebagai sub-kontraktor bergerak pada kendaraan perang yang membuat jalannya ke dunia otomotif makin terbuka lebar. Suzuki memperdalam ilmu tentang mobil dengan segenap impiannya yang tersisa.

    Baru Berkembang, Pabrik Suzuki Hancur Akibat Gempa
    Click image for larger version

Name:	baru-berkembang-pabrik-suzuki-hancur-akibat-gempa-rev2.jpg
Views:	1
Size:	93.6 KB
ID:	1000














    Lagi-lagi Suzuki tertimpa musibah. Baru saja perusahaannya berkembang, gempa besar mengguncang Jepang dan meluluhlantakkan tanah di berbagai kawasan, termasuk pabrik Suzuki. bencana ini menewaskan hampir seperempat karyawan Suzuki. Tak berhenti di situ, Michio Suzuki kembali tertimpa apes saat pesawat Amerika membombardir daerah sekeliling pabrik Suzuki di Hamamatsu.
    Dengan terpaksa, militer Jepang membubarkan Suzuki dan seluruh aktivitas manufaktur mereka di lokasi tersebut. Mereka kemudian menyiapkan 2 tempat di dataran tinggi sekitar Hamamatsu sebagai tempat relokasi Pabrik Suzuki sebelumnya, Yakni Aioi Town dan Takatsuka. Belum juga berkembang, pabrik baru itu disikat habis oleh bom pasukan udara tentara sekutu.

    Beralih ke Pabrik Ccangkul, Sabit, dan Sparepart Mobil
    Click image for larger version

Name:	beralih-ke-pabrik-cangkul-sabit-dan-sparepart-mobil-rev2.jpg
Views:	1
Size:	68.2 KB
ID:	1001














    Michio Suzuki dan segenap staff mencoba untuk bangkit usai Jepang habis akibat perang. Mereka berusaha dari nol untuk menjual apa yang bisa dijual dan diproduksi jika memungkinkan. Hingga akhirnya Suzuki mulai merambah usaha produksi cangkul, sabut, drum tangki. Beruntung, kala itu Sekutu yang masih bertakhta di tanah Jepang memberi izin pada Suzuki untuk memproduksi mesin tenun. Hal tersebut dilakukan karena dianggap tidak bersinggungan dengan mereka. Era Suzuki mulai berkembang sedikit demi sedikit dengan dibukanya kembali pabrik mesin tenun.

    Putra Suzuki Lahir, Nafas Motor Mulai Mengalir
    Click image for larger version

Name:	putra-suzuki-lahir-nafas-motor-mulai-mengalir-rev2.jpg
Views:	1
Size:	46.9 KB
ID:	1002














    Dari sinilah muncul sosok Shinzo Suzuki, yang merupakan anak kandung dari Michio Suzuki. Dia dipercaya menjadi Direktur Eksekutif dan Kepala Bidang Penjualan Suzuki. Hasilnya sungguh fantastis, pendapatan perusahaan langsung meningkat drastis dan dewi fortuna berpihak kepada Suzuki.
    Tahun 1951, Suzuki resmi berkecimpung di dunia otomotif, khususnya kendaraan roda dua. Ide dari Shunzo Suzuki disetujui dengan membuat sepeda yang memiliki mesin mini. Dengan bantuan Maruyama Zenku, Shunzo akhirnya merilis motor bermesin 2-tak 30cc dengan kekuatan 0,2hp pada tahun 1952. Ini adalah kali pertama dan tonggak sejarah hadirnya motor Suzuki.

    Source
    PRIDES #690 SEMAWIS
    alifjourney.wordpress.com
    Pulsar 220F
    Suzuki Aerio DX

    JZ.11.FDZ, Call Freq 143.320 MHz
    "Junking is not A Crime"

    Comment


    • #3
      haiii motuba loverz....

      Comment


      • #4
        Originally posted by bodonanan View Post
        haiii motuba loverz....
        Hai juga suhu
        PRIDES #690 SEMAWIS
        alifjourney.wordpress.com
        Pulsar 220F
        Suzuki Aerio DX

        JZ.11.FDZ, Call Freq 143.320 MHz
        "Junking is not A Crime"

        Comment


        • #5
          Originally posted by crimsonwolf View Post

          Hai juga suhu
          kapan jumpa kembaliii...

          Comment


          • #6
            Originally posted by bodonanan View Post

            kapan jumpa kembaliii...
            Beberapa purnama lagi
            PRIDES #690 SEMAWIS
            alifjourney.wordpress.com
            Pulsar 220F
            Suzuki Aerio DX

            JZ.11.FDZ, Call Freq 143.320 MHz
            "Junking is not A Crime"

            Comment


            • #7
              Originally posted by crimsonwolf View Post

              Beberapa purnama lagi

              Comment


              • #8
                Berasa dintrit junker wkwkwkwkw
                eh ada tukang gali kubur
                PRIDES #690 SEMAWIS
                alifjourney.wordpress.com
                Pulsar 220F
                Suzuki Aerio DX

                JZ.11.FDZ, Call Freq 143.320 MHz
                "Junking is not A Crime"

                Comment


                • #9
                  Originally posted by crimsonwolf View Post
                  Berasa dintrit junker wkwkwkwkw
                  eh ada tukang gali kubur
                  kabur aaah....

                  Comment


                  • #10
                    Information nice om. Dulu pengen beli Forza GLX. 25 Jtaan. Eh malah kesambet pekok. Batal deh.. malah 505 😂.

                    Comment


                    • #11
                      Originally posted by Bikerbaper View Post
                      Information nice om. Dulu pengen beli Forza GLX. 25 Jtaan. Eh malah kesambet pekok. Batal deh.. malah 505 😂.
                      Klo saya sudah sempet punya forsa GL th 1986, 1000cc irit tp sayangnya ga ada power steering nya wkwkwkwkw kyk naik truck
                      PRIDES #690 SEMAWIS
                      alifjourney.wordpress.com
                      Pulsar 220F
                      Suzuki Aerio DX

                      JZ.11.FDZ, Call Freq 143.320 MHz
                      "Junking is not A Crime"

                      Comment


                      • #12
                        ijin nyimak kk
                        PULSAR 180UG4 - B 3358 BBI - # PRIDES 269 #
                        JAKARTA - BEKASI - LAMONGAN


                        HIDUP INI ADALAH KESEMPATAN
                        JANGAN PERNAH LELAH UNTUK BERBUAT BAIK KEPADA SEMUA ORANG

                        Comment


                        • #13
                          Originally posted by blackep View Post
                          ijin nyimak kk
                          silahken kakak suhu
                          PRIDES #690 SEMAWIS
                          alifjourney.wordpress.com
                          Pulsar 220F
                          Suzuki Aerio DX

                          JZ.11.FDZ, Call Freq 143.320 MHz
                          "Junking is not A Crime"

                          Comment


                          • #14
                            Originally posted by crimsonwolf View Post

                            Beberapa purnama lagi
                            Kamu manggil saya om crimsonwolf ?

                            Comment


                            • #15
                              Originally posted by Bikerbaper View Post
                              Information nice om. Dulu pengen beli Forza GLX. 25 Jtaan. Eh malah kesambet pekok. Batal deh.. malah 505 😂.
                              505 gmn om Bikerbaper ? Aman?

                              Comment

                              Working...
                              X